infosawit

Berikut 5 Keuntungannya Bila Petani Sawit Swadaya Bergabung Ke Koperasi



Berikut 5 Keuntungannya Bila Petani Sawit Swadaya Bergabung Ke Koperasi

InfoSAWIT, PALEMBANG – Saat ini harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit sedikit demi sedikit mulai ada kenaikan harga, kendati bagi petani sawit swadaya harga penetapan itu tidak sama dengan harga di lapangan, lantaran terdapat potongan oleh tengkulak atau Ram.

Namun demikian ungkap Analis PSP Ahli Madya Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan, Rudi Arpian, tetap mendorong petani swadaya walaupun mengalami harga TBS sawit tidak sama dengan harga petani plasma, tetap dihimbau untuk segera membentuk Koperasi agar dapat di mitrakan dengan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) terdekat.

Kata Rudi, bakal ada banyak keuntungan jika petani sawit swadaya bergabung di Koperasi atau KUD, paling tidak ada lima keuntungan berkelompok/berkoperasi ini, pertama petani sawit Swadaya menjadi berlembaga dalam Koperasi atau KUD.

Kedua, penjualan sawit terkordinir melalui kelembagaan yang bermitra dengan pabrik kelapa sawit (PKS) dan mendapatkan kepastian harga TBS Sawit sesuai dengan harga Tim Penetapan Harga TBS Provinsi Sumatera Selatan.

Ketiga, Petani paham tentang budidaya kelapa sawit sesuai standart teknis budidaya, mendapatkan pembinaan bagaimana cara merawat pohon sawit dan Panen yang baik dan benar.

Lantas keempat, Lebih mudah mendapatkan Akses untuk Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) dengan mendapatkan dukungan Dana Replanting Sawit sebesar Rp. 30 Juta per hektar dengan luas maksimal 4 hektare per NIK (Nomor Induk Kependudukan). Serta Kelima, Adanya Jaminan pelaksanaan usaha sawit yang berkelanjutan.

“Dengan 5 Keuntungan ini masa depan petani sawit yang berlembaga dalam Koperasi atau KUD akan lebih terjamin dan mendapatkan dukungan fasilitas dari pemerintah menuju Sumsel Maju Untuk Semua,” tandas Rudi melalui layanan Whatsapp yang diterima InfoSAWIT, belum lama ini. (T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit